Selamat datang di blog saya!

Topik yang kita bahas kali ini adalah :

Cepat Tapi Aman ?

Gimana caranya rekan-rekan aman mendahului kendaraan lain, saat terburu-buru, mungkin karena bangun kesiangan, belum merapikan buku, belum nyetrika baju, belum sarapan, belum buat tugas, dan yang ditambah lagi... ada ujian!!! Seru gak tuh! Pasti gairah pembalap muncul seketika tidak memandang cewek atau cowok kan???

Nah!

Supaya aman, boleh cepat, tapi sesuai peraturan. Berdasarkan PP.43 Tahun 1993 tentang Prasarana dan Lalu Lintas Jalan, Pasal 52 nomer (1) berbunyi Pengemudi yang akan melewati kendaraan lain harus mempunyai pandangan bebas dan menjaga ruang yang cukup bagi kendaraan yang dilewatinya. Coba lihat ilustrasi di bawah.

Pada gambar A, daerah pandang pengemudi motor yang hendak menyalip di tikungan dibatasi oleh sudut yang dibentuk oleh tikungan itu, jadi sangat berbahaya apabila datang kendaraan dari arah yang berlawanan dengan kecepatan tinggi.


Sama halnya pada situasi B, jarak pandang pengemudi yang hendak menyalip dibatasi oleh relief permukaan jalan(perbedaan ketinggian).

Coba bayangkan apabila kalian memaksakan hasrat ingin menyalip, dan terjebak pada situasi A atau B, kalian mau menghindar kemana?

Jadi, berkendaralah yang aman, cepat tapi tidak melahirkan sumpah serapah orang yang kita salip…

OK bos?!

Umpan Balik

- BUKU TAMU / APRESIASI TERHADAP PENULIS
- PERTANYAAN SEPUTAR TEKNIS LALU LINTAS
- KOMENTAR MENGENAI BLOG
- USUL / SARAN / KRITIK

silahkan sampaikan di:
www.facebook.com/penulisblogpelayanmasyarakat

Terima kasih atas waktu anda membaca blog pribadi saya.
Semoga bermanfaat. :-)

Facebooker yang menyukai blog ini

Terima kasih untuk jempol(like)-nya yah rekan-rekan.. Senang bisa berbagi..

Google Friend Followers

Ada kesalahan di dalam gadget ini