Selamat datang di blog saya!

Topik yang kita bahas kali ini adalah :

Polres... Apakah itu? Jenis makanan? atau.. film terbaru?

.
Saya menulis posting ini, karena yakin rekan-rekan sering mendengar Polres, namun jarang yang paham artinya?

Berikut akan saya berikan info kepada rekan-rekan, bagaimana struktur kantornya bapak 'pulisi, mulai dari yang paling besar, sampai yang paling dekat dengan rumah rekan-rekan. Mana yang lebih tinggi, dan mana yang menjadi anak buahnya.

1. MABES POLRI (Markas Besar POLRI)= Berada di Jakarta, membawahi semua Polda dari Sabang sampai Marauke.

2. POLDA (Kepolisian Daerah)= Kantor Polisi ini bertanggung jawab atas satu wilayah propinsi. Contoh POLDA JATIM, wilayah hukumnya adalah seluruh Propinsi Jawa Timur.

3. POLWIL (Kepolisian Wilayah) = Polwil berada bawah Polda, mengkelompokkan beberapa Polres. Sebagai contoh POLWIL KEDIRI, membawahi 7 Polres.

4. POLRES (Kepolisian Resor) = Polres wilayah hukumnya mencakup wilayah satu Kabupaten/Kotamadya. Contoh POLRES BLITAR, membawahi 22 Polsek.

5. POLSEK (Kepolisian Sektor) = Ini ujung tombaknya Polisi, maksudnya kantor yang paling dekat menyentuh masyarakat, kantor ini membawahi satu wilayah hukum se Kecamatan. Contohnya POLSEK WLINGI, bertugas menjaga wilayah Kecamatan Wlingi-Kabupaten Blitar. Apabila rekan-rekan akan membuat surat kehilangan, dapat dilakukan di Polsek.

6. POSPOL (Pos Polisi) = Pos Polisi adalah perpanjangan tangan dari Polsek. Apabila suatu wilayah suatu Polsek dirasa terlalu luas, Pospol dapat dibangun baik dari pusat atau kadang swadaya dari masyarakat. Apabila desa/kelurahan berkembang terus, dam terjadi pemecahan Kecamatan, hal ini akan diikuti oleh Polisi, dimana Pospol tadi bisa ditingkatkan menjadi Polsek.

Bagaimana? Sudah jelas?

Semoga bermanfaat.

Umpan Balik

- BUKU TAMU / APRESIASI TERHADAP PENULIS
- PERTANYAAN SEPUTAR TEKNIS LALU LINTAS
- KOMENTAR MENGENAI BLOG
- USUL / SARAN / KRITIK

silahkan sampaikan di:
www.facebook.com/penulisblogpelayanmasyarakat

Terima kasih atas waktu anda membaca blog pribadi saya.
Semoga bermanfaat. :-)

Facebooker yang menyukai blog ini

Terima kasih untuk jempol(like)-nya yah rekan-rekan.. Senang bisa berbagi..

Google Friend Followers

Ada kesalahan di dalam gadget ini