Selamat datang di blog saya!

Topik yang kita bahas kali ini adalah :

SOSIALISASI PP NO. 50, TAHUN 2010, PNBP YG BERLAKU PADA POLRI

Rekan-rekan, seperti yang saya sampaikan dahulu, Polri menarik dana dari masyarakat adalah atas perintah dari negara.
Penarikan tersebut dinamakan PNBP (Penerimaan Negara Bukan Pajak).
Dalam fungsi lalu lintas, unit Registrasi dan identifikasi, ada pelayanan yang ditarik PNBP nya.

Di Satpas (Satuan Administrasi Penerbitan SIM) ada penarikan dana baik SIM Baru, SIM Perpanjangan dan Klinik Mengemudi, di Samsat (Satuan Administrasi Manunggal Satu Atap) juga demikian.

Untuk di Samsat, Polri hanya menarik dana PNBP untuk BPKB, STNK, TNKB(pelat nomor), dan Proses Mutasi.
Untuk masalah pajak, denda, dsb, BBN I, BBN II, dst, fiskal, ditarik oleh DISPENDA, dan dana asuransi Jasa Raharja, ditarik oleh Jasa Raharja. Jadi apabila hendak menanyakan masalah pajak, mohon jangan tanyakan ke pak pulisi yah, karena tabel besaran pajak/denda itu adanya di komputer Dispenda.

Dalam kesempatan ini saya menyampaikan ada perubahan tarif PNBP yang terbaru, dan berlaku mulai besok, silahkan dilihat dan mohon disampaikan kepada keluarga, sahabat, atau rekan-rekan anda semua.

PNBP Regident Pengemudi

SIM Golongan A
Baru  Rp120.000
Perpanjangan Rp80.000

SIM Golongan B I
Baru Rp120.000
Perpanjangan Rp80.000

SIM Golongan B II
Baru Rp120.000
Perpanjangan Rp80.000

SIM Golongan C
Baru Rp100.000
Perpanjangan Rp75.000

SIM Golongan D
Baru Rp50.000
Perpanjangan Rp30.000

Internasional (dulu dibuat di IMI)
Baru Rp250.000
Perpanjangan Rp225.000

Klinik mengemudi
Baru Rp50.000
Perpanjangan Rp50.000

PNBP Regident Kendaraan Bermotor  

STNK
Roda 2 & 3 Rp50.000
Roda 4 / < Rp75.000
Pengesahan Rp. 0,-

STCK
Roda 2 & 3 Rp25.000
Roda 4 / < Rp25.000

TNKB
Roda 2 & 3 Rp30.000
Roda 4 / < Rp50.000

BPKB Baru
Roda 2 & 3 Rp80.000
Roda 4 / < Rp100.000

BPKB Balik Nama (dulu tidak ada)
Roda 2 & 3 Rp80.000
Roda 4 / < Rp100.000

Mutasi kendaraan (dulu tidak ada)
Roda 2 & 3 Rp75.000
Roda 4 / < Rp75.000

Berlaku mulai tanggal 26 Juni 2010
 
Semoga bermanfaat...

27 komentar:

  1. pak,
    apakah dgn peraturan yg berlaku ini (per 26/6/10) tidak boleh perpanjang SIM yg sdh mati?
    soalnya sy dapat info dr forum klo SIM sdh mati harus bikin baru (info: koran & berita di televisi)

    SIM saya sdh mati 8 bulan karena sy tugas diluar kota....skr sdh balik jakarta & mau perpanjang...

    mohon konfirmasinya pak?

    BalasHapus
  2. @samuel: tidak pak, prosedur tetap, namun hanya biaya PNBP yang berubah. Untuk SIM yang mati belum lebih dari 12 bulan, dapat diperpanjang tanpa perlu ujian ulang, di Satpas yang menerbitkan SIM tersebut. (kalau diatas 12 bulan, akan diadakan ujian ulang)

    BalasHapus
  3. Pak, saya mau mutasi kendaraan roda 2 dari jogja ke jakarta. Bagaimana prosedur resminya dan kira-kira berapa biaya yang harus saya keluarkan dan untuk apa saja?
    Terima kasih atas penjelasannya

    BalasHapus
  4. @Tasuhra: Pertama-tama bapak datang ke Samsat di Jogja tempat kendaraan bapak didaftarakan dengan membawa KTP, BPKB asli, STNK asli, serta kendaraannya. Setelah melakukan proses cek fisik, silahkan melakukan proses mutasi keluar.

    Nanti berkas-berkas awal kendaraan akan diserahkan kepada bapak, dilengkapi dengan surat pengantar ke Samsat tujuan di Jakarta.

    Dalam proses mutasi keluar, Polri akan menarik PNBP mutasi yang besarnya dapat anda lihat di postingan ini. Ditambah lagi akan ada biaya fiskal yang akan ditarik oleh Dipenda.

    Setelah berkas bapak terima, segeralah menuju Samsat di Jakarta yang anda tuju, untuk melakukan proses mutasi masuk.
    Dalam proses mutasi masuk tadi, Polri akan menarik dana PNBP yand disesuaikan dengan produk baru yang akan dikeluarkan. Dalam hal mutasi masuk, bapak akan mendapat BPKB baru, STNK baru, dan TNKB baru. Silahkan lihat tabel di postingan ini untuk menghitung jumlah yang akan anda keluarkan di Samsat yang baru.

    BalasHapus
  5. pak, kalau surat keterangan lapor tiba kendaraan bermotor, itu ada aturannya? soalnya motor saya menggunakan plat kendaraan luar daerah, bisanya kalau ada tilang ditanyakan mana surat lapor tibanya, penerbitan surat lapor tiba biasanya Rp.150.000,-/3 bulan di Polres setempat

    BalasHapus
  6. Pak Brata Yth,
    Pak saya hendak memperpanjang STNK kendaraan R2(motor) di daerah lain tetapi masih dalam satu propinsi, bukan di daerah asal motor, bisakah ini di lakukan, kalau bisa bagaimana caranya?

    Mohon penjelasannya dan terimakasih sebelumnya.
    Salam

    BalasHapus
  7. @sakkir: wuaduh, saya belum pernah denger pak masalah itu. Di Polres mana yang menerapkan itu pak? Kalau sudah terbit, saya minta tolong di scan, kirim ke email saya pak. Saya mau tahu dasar hukumnya menerbitkan surat tersebut. Soalnya sepengetahuan saya, selama sudah teregistrasi (ada BPKB, STNK, dan TNKB, kendaraan bisa beroperasi di seluruh wilayah negara Republik Indonesia)

    @Tulus: Saat ini bisa bayar pajak online baru Jawa Timur dan Jawa Barat pak. Jadi selama kendaraan Jawa Timur, bayar di samsat manapun di wilayah Jawa Timur, bisa dilakukan. Sama halnya dengan di Jawa Barat. Kalau daerah lain, sepengetahuan saya belum pak.

    BalasHapus
  8. Apakah perpanjangan SIM bisa dilakukan di kota lain dari kota pembuatannya?

    BalasHapus
  9. @JaRuleD: tidak bisa pak. Kalaupun mau perpanjang di kota lain, harus cabut berkas dulu di Satpas awal lalu dibawa ke Satpas kota tempat tinggal yang baru, karena data SIM di Indonesia belum online.

    BalasHapus
  10. pak, saya habis mutasi di samsat jogja
    buat biaya mutasi aja 100rb, belum biaya penerbitan fiskal diminta lagi
    padahal ini kan masih program pemutihan
    la non biayanya dimana?

    BalasHapus
  11. @Muhammad Rifdan: Pemutihan itu adalah kebijakan pemerintah daerah / nasional untuk meringankan pemilik kendaraan bermotor. Istilah mudahnya, pemerintah memberi "hadiah" kepada masyarakat.
    Nah, namanya diberi hadiah, pelajari dulu, hadiahnya apa saja...
    Ada pemutihan yang gratis pajaknya saja, ada pemutihan yang gratis pajak dan bea balik namanya, ada juga pemutihan yang gratis pajak, bea balik nama, dan dendanya.

    Kalau urusan penerbitan BPKB, STNK, dan TNKB, serta biaya proses mutasi tidak akan pernah dilibatkan dalam pemutihan, alias selalu bayar, karena ke 4 penarikan diatas adalah penarikan negara melalui polisi, sedangkan penarikan negara melalui Dispenda berupa pajak dkk menyesuaikan dengan otonomi daerah, kewenangan pimpinan daerahnya, mau dibuat gratis terserah beliau'nyah....
    (ingat, di Samsat isinya 3 instansi, walau memakai seragamyang sama, namun memiliki job description sendiri2)

    BalasHapus
  12. maaf pak saya mau bertanya

    dalam salah satu postingan anda, anda mengatakan
    Untuk SIM yang mati belum lebih dari 12 bulan, dapat diperpanjang tanpa perlu ujian ulang, di Satpas yang menerbitkan SIM tersebut. (kalau diatas 12 bulan, akan diadakan ujian ulang).

    tadi siang (01/06/2011) saya ke polres maros untuk memperpanjang sim c saya yang telah mati sejak 19/05/2011. ternyata petugas di sana mengatakan bahwa pembuatan sim baru dan perpanjangan sim sama saja (mungkin maksudnya prosedur pembuatannya), jadi saya tetap harus mengikuti tes/ujian (teori dan praktek).

    yang mau saya tanyakan adalah apakah prosedur perpanjangan sim itu tergantung pada kebijakan masing-masing polres ataukah ada aturan/prosedur yang baku??

    terimakasih atas tanggapan anda..

    BalasHapus
  13. @Muhgammad: Bapak bisa ajukan komplin pak, sebab prosedurnya, apabila SIM Mati tidak lebih dari 12 bulan, pemohon perpanjangan SIM tidak perlu diadakan ujian ulang.
    (Kecuali ada dari surat keterangan dari Pengadilan yang menyatakan bahwa SIM bapak perlu diuji ulang)

    BalasHapus
  14. terimakasih atas tanggapan bapak, kalo boleh tahu di mana saya bisa mendapatkan mengenai prosedur perpanjangan sim?? agar saya dapat menunjukkannya pada petugas yang bersangkutan....

    BalasHapus
  15. @muhammad: PP No. 44 Tahun 1993, Pasal 224 ayat

    (1) Surat izin mengemudi sebagaimana dimaksud dalam Pasal 214 dapat diperpanjang tanpa keharusan mengikuti ujian sebagaimana dimaksud dalam Pasal 219 dan Pasal 220.

    dan ayat

    (3) Apabila surat izin mengemudi telah habis masa berlakunya lebih dari 1 (satu) tahun, pemohon wajib mengikuti ujian teori dan praktek sebagaimana dimaksud dalam Pasal 219 dan Pasal 220.

    BalasHapus
  16. Informasi yang Bapak berikan sungguh sangat bermanfaat, sekali lagi saya ucapkan terimakasih. dan saya berharap untuk di masa-masa yang akan datang citra instansi Kepolisian makin membaik di mata masyarakat....

    BalasHapus
  17. @Muhammad: Amiiiinnn... Terima kasih bapak... Minta nambah doa yah pak.. Tolong doakan agar Polisi-polisi di jalan aman dan selamat, mengingat belakangan banyak oknum yang tidak bertanggung jawab main tembak pak pulisi.

    BalasHapus
  18. Pak.
    Apakah syarat buat SIM A harus disertai dengan sertifikat mengemudi? karena saya baru mengalami hal ini di Polres Mataram.
    "Bayar 250 rb (aturannya cuma 120 rb) atau cari sertifikat mengemudi dengan membayar 120 rb persertifikat di tempat kursus mengemudi" Aneh?
    Mestinya Pak Polisi yang test bukan dengan sertifikat yang tidak bisa dipertanggungjawabkan. Dan sudah menjadi rahasia umum kalau kita bayar sesuai dengan ketentuan pemerintah maka kita kan diletakkan diposisi paling akhir untuk foto SIM. Justru yang membuat pemerintah tidak berwibawa itu yang gini ini.

    BalasHapus
  19. @Lusi: Berkenan kiranya ibu komplin di tempat yang tepat, yaitu di Provost Satuan Satpas tersebut. Kalau komplin disini, saya tidak bisa membantu banyak, saya hanya penulis blog yang menulis hal-hal yang prosedural. Segala sesuatu penyimpangan yang terjadi di wilayah itu adalah tanggung jawab bersama. Apa makna kata "bersama"? Bersama disini adalah kebersihan prosedur pelayanan Polri harus diperbaiki dari internal Polisi tersebut, serta juga dibantu oleh masyarakat yang merasa dirugikan. Bagaimana caranya? Laporkan saja ke Kapolresnya atau ke media massa.

    Dengan mengetahui apa yang sebenarnya prosedur, maka mata anda akan terbuka bahwa pelayanan yang anda terima apakah sudah sesuai atau belum. Kalau belum, silahkan komplin di tempat yang tepat.

    Terima kasih untuk dukungannya terhadap kami.

    BalasHapus
  20. Wah sangat bermanfaat gan... tapi kalo PUNGLI2 yang ada gimana gan? coba lihat cerita ini gan (sory di KASKUS) :

    http://www.kaskus.us/showthread.php?p=654732929

    Biayanya sampe total 1 jutaan untuk mutasi sampe selesai

    Mohon dikomentari

    BalasHapus
  21. Pak,kalo biaya ganti kertas gesek dan ongkos petugas gesek cek fisik kendaraan apakah resmi ?

    Terimakasih atas perhatiannya

    BalasHapus
  22. @sukma-news : pungli lahir saat masyarakat tidak mengerti apa hak dan kewajibannya. saat ini masyarakat Indonesia belum semuanya melek hukum, dan blog ini salah satu upaya saya untuk meningkatkan pengetahuan masyarakat. Kalau saya yakin pungli itu tidak ada, saya gak bakal buat blog ini pak. Jadi maaf sekali, kasus2 di blog itu mayoritas tidak dapat dipertanggungjawabkan. Saya pernah kejar satu pelapor disana, mau saya lacak siapa polisi yang memeras dia, dia akhirnya menjawab, "bukan saya pak, kata temen saya..." Jadi kalau memang ada pungli terjadi, ada saksi, ada korban, langsung lapor ke Provost Polres setempat yah pak... Kebanyakan baca kaskus bapak gak bakal bisa berpikir jernih.. Disana tempat pelanggar yang kecewa plus galau dengan polisi, melampiaskan kekecewaannya dengan mengarang cerita2 seru... Saya akan menghargai kalau cerita tersebut dilengkapi dengan foto atau video saat petugas menerima uang.

    @99baloon: tidak ada pungutan selama gesek nomor rangka atau nomor mesin pak.
    Hanya disayangkan banyak masyarakat yang menyembah2 polisi untuk tidak mengikuti prosedur.
    Prosedurnya yang benar adalah, kendaraan "harus dihadirkan". banyak pemilik kendaraan yang menggunakan kendarannya di luar kota "males" bawa kendaraannya kembali ke samsat awal, trus coba menyogogok petugas supaya bisa nitip gesek, atau gesek sendiri di rumahnnya dengan alesan males ngantri.

    BalasHapus
  23. Selamat pagi pak. .
    Banggalah polri jika semua polisi septi bpak brata. .
    To the point ja ne pak..
    Ada bbrapa hal yg sya ingn tau kejelasanya.
    Pertma: berapa biaya fiskal ?
    Kedua: sebnry waktu untuk cbut mutasi itu brapa lama ?
    Ketiga: pnbp untuk memasukan berkas mutasi itu ndri brapa?
    Mhon penjelasanya. .
    Thanx pak

    BalasHapus
  24. pak mau tanya rincian biaya balik nama kendaraan roda 2,dari biaya form,cek fisik,bpkb,stnk+plat no,fiskal dan blokir?terima kasih

    BalasHapus
  25. @Ibim: Terima kasih pak... Jangan terlalu memuji pak, nanti punggung saya tumbuh sayap nih... :-D
    1. Fiskal urusan Dispenda, silahkan tanya Dispenda yang dinas di Samsat bapak.
    2. Melihat situasi pak, apakah syarat lengkap, apakah nomor rangka dan mesin tidak ada masalah, apakah pajak dsb sudah lengkap, dan tingkat kepadatan pelayanan samsat tersebut. Tidak bisa disamakan setiap kendaraan, dan setiap samsat pak.
    3. Baca lagi PNBP kendaraan di atas yang tertulis "Mutasi Kendaraan"

    @vixion: tanya di samsat pak.. saya kebetulan gak ngurus detail pajak, dan fiskal.. Telepon saja pelayanan samsatnya... (kalau tidak tahu nomornya, coba tanya 108)

    BalasHapus
  26. Info yg mas Brata sajikan sangat bermanfaat..
    jadi inget pengalaman beberapa th yg lalu..
    saat mau perpanjangan sim a/c..
    nungguin mobil sim keliling ga nongol2
    akhirnya lgs aja datengin kantor polisi bagian sim
    disana cuman dikenakan :
    - sidik jari 10.000
    - kesehatan 10.000
    - sim a 70.000 (saat itu kalo ga salah)
    - sim c 60.000 (saat itu kalo ga salah)

    beda banget dg ucapan seorang polisi di pos polisi kebonagung pasuruan
    saat saya tanyain, kalo titip tuk perpanjangan berapa duit ?
    jawabannya : sim c: 250, sim a: 350
    kok mahal mas ? tanya aja pd pimpinan jawab sang polisi tsb
    waduh........

    sejak dr itu, amit2 deh titip
    mending lgs datengin bagian sim aja
    proses murah dan cepet kok ternyata

    BalasHapus

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

KOMENTAR, PERTANYAAN, SARAN, KRITIK

Apresiasi terhadap blog ini, kesan dan pesan kepada penulis silakan tulis di "BUKU TAMU"

Pertanyaan, Komentar, Kritik, silakan tulis di www.facebook.com/penulisblogpelayanmasyarakat

Facebooker yang menyukai blog ini

Terima kasih untuk jempol(like)-nya yah rekan-rekan.. Senang bisa berbagi..

Kecelakaan Diawali Pelanggaran

Loading...