Selamat datang di blog saya!

Topik yang kita bahas kali ini adalah :

Penipuan Menggunakan Blog

Hai...

Bagaimana kabarnya seluruh pembaca blog saya yang tercinta?

Sudah lama sekali rasanya saya tidak menulis blog...

Hehehehe...

Sekarang saya mau menulis tentang penipuan dengan menggunakan blog, karena dua hari yang lalu ada yang mengirimkan blog berisi sertifikat polisi yang intinya membenarkan bahwa ada orang yang memenangkan hadiah-hadiah tertentu.

Mari kita mulai...

BLOG.. Apakah itu?

Blog merupakan singkatan dari web log adalah bentuk aplikasi web yang menyerupai tulisan-tulisan (yang dimuat sebagai posting) pada sebuah halaman web umum. Tulisan-tulisan ini seringkali dimuat dalam urut terbalik (isi terbaru dahulu baru kemudian diikuti isi yang lebih lama), meskipun tidak selamanya demikian. Situs web seperti ini biasanya dapat diakses oleh semua pengguna Internet sesuai dengan topik dan tujuan dari si pengguna blog tersebut. (http://id.wikipedia.org/wiki/Blog)

Banyak penyedia blog gratis di dunia maya. Penyedia yang terkenal adalah blogger dan wordpress. Banyak penulis blog pemula cenderung memilih blogger, sebab penggunaan sangat mudah, dengan template yang beragam. Sedangkan untuk wordpress, teknik penggunaannya sedikit masuk ke level menengah hingga mahir.

Saya sendiri pakai blogger... Hehehehe...


Karena membuat blog itu gratis, dan sangat mudah (hanya butuh satu akun email), maka blog-blog berjamuran dimana-mana. Ada yang menggunakan blog sebagai sarana menyampaikan kehidupan pribadinya, pikiran atau ide-ide cemerlang, kritik terhadap pemerintah, berdagang, cari jodoh, menghasut, mencemarkan nama baik, hingga kreatifitas penipu seperti di bawah ini.

Saya rasa blog di bawah ini berkaitan dengan penipuan SMS, dimana target yang sudah terkaget-kaget mendapat mobil, langsung mengecek ke alamat blog yang disertakan dalam SMS tipuan.


Tampilan awal, target langsung melihat foto polisi dengan lambang polisi... Target yang awam internet akan tambah tegang, rasanya mobil sudah sampai di ubun-ubun kepalanya..


Kemudian dia lihat halaman lainnya, di sana tertera 5 pemenang lainnya disamping dirinya... Target hampir tidak bisa bernafas menahan senang. Kemudian dia langsung menyetujui pembayaran pengurusan BPKB senilai beberapa belas atau beberapa puluh juta sesuai ajakan pengirim SMS. Dan...... raib sudah uangnya...

Saya mencoba menghubungi senior saya (bang Fian Yunus) di bagian cybercrime mabes, mendapatkan penjelasan bahwa untuk melakukan penyidikan kejahatan menggunakan blog cukup sulit sebab server penyedia blog ternama berada di luar negeri, didukung lahirnya sebuah blog cukup hanya dalam 5 menit. Oleh karena itu, polisi saja tidak cukup untuk mengawasi penipuan ini. Masyarakat juga perlu ikut serta dalam mengurangi penipuan sejenis ini.

Caranya bagaimana???

Sepertinya penyedia blog ternama sudah berpengalaman dalam hal ini. Mereka telah menyiapkan sarana pengaduan apabila layanan mereka telah digunakan untuk kepentingan yang tidak baik. Saya akan membahas dua penyedia blog, yaitu blogger dan wordpress.

Untuk blogger (akhiran "blogspot"), klik tombol "Lainnya", kemudian "Laporkan Penyalahgunaan"


Baca baik-baik penjelasan awalnya dari blogger. Kemudian pilih kategori apa yang ingin anda laporkan. Saya beri contoh "masalah hukum", klik pada tulisannya.


Baca lebih jauh mengeni penjelasannya. Saya mencoba memberi contoh, "Saya ingin melaporkan perangkat lunak jahat, phising, pengungkapan data pribadi, atau masalah serupa." Klik tulisannya.


Jika sudah yakin pada jalan yang benar sesuai petunjuk, klik tulisan "laman"


Saya mengkategorikan blog di atas sejenis phising. Masukkan alamat blog yang anda yakini berisi penipuan. Kemudian klik tombol "Kirim".


Selesai sudah laporan anda kepada penyedia blog blogger! :-)

Sekarang kita lihat bagaimana cara mengadukan blog yang dikelola oleh wordpress. Ciri blog yang dibuat melalui perusahaan wordpress memiliki akhiran situs "... .wordpress.com"

Silahkan anda buka situs https://wordpress.com/complaints.
Baca dengan seksama penjelasannya, jika sudah yakin, klik "abuse form" atau formulir penyalahgunaan.


Isi email anda, alamat blog mereka yang anda anggap menyimpang, kemudian deskripsikan jenis penyimpangan, diakhiri dengan tombol "Continue" atau lanjutkan.


Selesai!

Namun permohonan menghapis blog kepada penyedia blog tidak secepat membuatnya. Membuat blog tidak lebih dari 5 menit, sedangkan untuk menghapus blog, kita perlu mengingat:

  • blog yang ditangani blogger atau wordpress jumlahnya jutaan, karena melayani manusia di seluruh dunia.
  • laporan penyimpangan yang masuk juga jumlahnya bisa ribuan, mereka harus memilah mana laporan yang benar, dan mana laporan yang bertujuan tidak baik kepada blog tertentu


Jadi mohon bersabar, sembari mengingatkan kepada keluarga, sahabat, dan rekan untuk berhati-hati terhadap penipuan jenis ini.

Kemudiannnnnn....

Mungkin ada yang bertanya, "Berarti kalau halaman internet yang diakhiri dengan ".com" pasti BENAR?"

Tidak juga...

Lihat nih, tawaran yang diberikan oleh wordpress misalnya.. Dengan $99/tahun, anda bisa membuat domain sendiri...


Dengan membayar iuran per tahun, anda bisa memilih domain dengan berbagai akhiran, tidak hanya ".com", tapi bebas...


Luar biasa bukan?

Sekarang anda tahu, bahwa penipu kelas atas, dengan modal email dan kartu kredit, bisa membuat situs yang mampu meyakinkan dengan akhiran ".com"

Dengan maraknya penipuan di dunia maya, kita tidak bisa mengharapkan seluruhnya ditangani oleh polisi. Andaikan seluruh polisi di lapangan, yang sedang mengatur lalu lintas-mengejar penjahat-ngurusin perang antar desa-dsb, kita tarik ke depan komputer semua untuk mencari blog yang negatif, tetap tidak akan cukup.

Perkembangan blog-blog penipuan luar biasa banyaknya, ada yang meyakinkan dengan memasang logo perusahaan/pemerintah, ada yang memasang nomor telepon resmi customer care (padahal nomernya sendiri), ada yang menggunakan bahasa Inggris, dan sebagainya.

Kita semua perlu memagari diri sendiri saat menggunakan internet. Jangan mudah untuk percaya terhadap blog yang menawarkan keuntungan yang instan, atau penipuan lain.

Bijaksanalah dalam menggunakan teknologi.

Demikian tulisan saya kali ini...

Semoga bermanfaat...

NB: Ini artikel terkait berkaitan dengan penipuan masalah berita, saya menyukai analisa dari penulis ini.

http://aluvimoto.com/2014/08/02/anda-suka-share-berita-dari-voa-islam-suaranews-pksblablabla-jonru-dsb-anda-kurang-vitamin-d-v/

Umpan Balik

- BUKU TAMU / APRESIASI TERHADAP PENULIS
- PERTANYAAN SEPUTAR TEKNIS LALU LINTAS
- KOMENTAR MENGENAI BLOG
- USUL / SARAN / KRITIK

silahkan sampaikan di:
www.facebook.com/penulisblogpelayanmasyarakat

Terima kasih atas waktu anda membaca blog pribadi saya.
Semoga bermanfaat. :-)

Facebooker yang menyukai blog ini

Terima kasih untuk jempol(like)-nya yah rekan-rekan.. Senang bisa berbagi..

Google Friend Followers