Selamat datang di blog saya!

Topik yang kita bahas kali ini adalah :

SIM hilang!!! Bagaimana proses membuat baru dan perlukah ujian ulang?

.
DARI: Ika; TANGGAL: 12/2/2008; JAM: 8:45 am; MEDIA: Friendster

PERTANYAAN:

Met pagi bang..

Ngmng2 ttg SIM, Kmrn saya kehilangan dompet beserta seluruh isinya. Termasuk didalam nyaada SIM dan STNK.

Saya mau tanya?
Kl kita buat SIM baru itu kita harus ikut tes drive..
Sedangkan saya cuma kehilangan aja?
Gmana supaya proses nya gak ribet bang...

Thanks ya bang..

JAWABAN:

Nah! Ini dia nih, belum ada yang pernah nanya masalah ini.

Jadi dalam kasus di atas, Ika segeralah membuat LP (Laporan Polisi) ke Polsek terdekat dengan TKP(Tempat Kejadian Perkara), dimana Ika kehilangan dompet tersebut, dalam Laporan Polisi, sebutkanlah semua barang yang ada di dalam dompet tersebut.
Setelah LP terbit, fotocopy rangkap 3 atau sesuai kebutuhan, lalu minta diberi stempel legalisir.
Hasil legalisir tersebut dapat digunakan untuk mengurus KTP yang hilang, kartu ATM, kartu Kredit, termasuk menerbitkan SIM. Jadi Ika tidak perlu bolak-balik ke Polsek apabila diminta LP yang dilegalisir.

Bawalah foto copy LP yang sudah dilegalisir ke Satpas(Satuan Penerbitan SIM) dimana SIM Ika dulu diterbitkan, lalu masuklah ke pendaftaran, katakan kepada petugas bahwa Ika mau buat SIM pembaharuan karena hilang.
Setelah itu, petugas akan meminta LP kehilangan, Ika bayar, lalu tunggu antrian foto.
"Tidak ada ujian ulang" Ika, jadi tidak perlu takut.

:-)

Semoga bermanfaat.

41 komentar:

  1. wah... hari ini saya baru saja kehilangan dompet saya... salah satu di dalamnya ada SIM. Sedangkan saya tidak siap sedia dengan fotocopy SIM, karena sebelumnya saya tidak pernah kepikiran akan kehilangan SIM :-(

    Menurut posting di atas, pembuatan SIM baru yang dikarenakan kehilangan, dapat dilakukan tanpa membawa fotocopy SIM yang hilang. Apa ini benar Pak? Karena saya dengar harus ada fotocopy SIM lama, baru bisa membuat SIM baru yang karena kehilangan.

    Terima kasih :)

    BalasHapus
  2. Cukup bawa KTP, Laporan Polisi Kehilangan, dan ingat tahun penerbitan SIM untuk memudahkan pencarian berkas anda di gudang berkas SIM.

    BalasHapus
  3. pak, saya mau tanya berkaitan dengan kehilangan SIM, apakah bisa diurus di pelayanan SIM keliling?
    Trmksh

    BalasHapus
  4. Tidak bisa pak, SIM Keliling hanya melayani SIM yang habis masa berlakunya maksimal H-7, dan yang tepat pada hari itu habis masa berlakunya.

    Kehilangan hanya bisa diurus di Satpas SIM tersebut diterbitkan.

    BalasHapus
  5. Saya kehilangan dompet termasuk didalamnya KTP dan SIM semuanya asli. Saya tidak pernah foto copy SIM tapi saya punya foto copy KTP, bisakah saya membuat pembaharuan SIM tanpa KTP asli dan saya tidak ingat tahun berapa SIM saya diterbitkan. Mohon penjelasannya terima kasih.

    BalasHapus
  6. Bli Bratasena yang baik, saya kehilangan dompet, isinya SIM A, SIM C, KTP dll.
    Masalahnya, saya tinggal di Bandung, KTP Bandung, tapi SIM-nya dibuat di Medan. Apa saran Bli?
    Terima kasih sebelumnya

    BalasHapus
  7. pak bratasena..
    SIM saya ilang bersama dompet dan isinya.. klo mo ngurus SIM lagi neh..
    pertanyaannya
    1.syaratnya harus KTP sesuai alamat SIM ato tidak? soalnya di SIM yg ilang pake alamat di cakung, tp KTP saya udah alamat jatinegara jaktim..
    2. trus Laporan Polisi harus asli ato cuma fotokopi saja bisa?

    terima kasih komandan..

    BalasHapus
  8. Saya turut berduka atas kehilangan pak (anonim).

    1. Tunjukkan KTP lama. Kalau sudah tidak ada, tunjukkan KK lama dan KK baru, sebagai bukti anda adalah individu yang sama.

    2. Asli

    BalasHapus
  9. Pak Bratasena yang baik,

    Saya kehilangan KTP dan SIM di luar negeri dan saya sudah membuat laporan kehilangan dari polisi setempat. Dapatkah surat laporan kehilangan tersebut digunakan untuk mengurus KTP dan SIM atau perlukah saya membuat laporan polisi di domisili saya di Indonesia?

    Terima kasih.

    Dari Amy.

    BalasHapus
  10. Bisa, namun lebih baik diperkuat dengan membuat Laporan Polisi di domisili anda tinggal, setelah itu dilampirkan Laporan Polisi di TKP (di luar negeri) tersebut.

    BalasHapus
  11. pak, sy kehilangan sim per desember 2008, oktober 2009 masa berlaku habis (SIM), surat keterangan hilang dari kantor polisi terdekat (area TKP) terbit bulan desember 2008

    yang mau saya tanya masa berlakunya surat keterangan itu berapa lama, apa perlu saya buat baru secara sudah lebih dari 6 bulan

    terima kasih

    BalasHapus
  12. Tante anonim...

    Laporan Polisi tidak ada masa kadaluarsanya, jadi langsung aja diurus segera SIM yang hilang tersebut.

    BalasHapus
  13. @Pak Bratasena...
    Hampir2 mirip dng kasus lainnya.

    SIM saya udah lama bgt hilang nya (mungkin sekitar 2002-3) jadi masa berlaku pasti sudah habis. & sampai sekarang saya belum buat laporan kehilangan ke PolSek terdekatnya.

    Sebaiknya saya bikin baru saja atau masih bisa mengurus yg hilang itu ?

    Terima kasih sebelumnya :)

    p.s. Terus terang saya salut dng Anda2 yg mau sempat2in untuk interaksi dng publik seperti ini.
    Lanjutkan ya Pak :) & jadikan sbg budaya jg di rekan2 polisi yg lain :)

    BalasHapus
  14. @Anonim: Terima kasih mbak/mas...

    Untuk kasus mbak/mas, lebih baik bawa surat kehilangan tersebut ke Satpas tempat SIM mas/mbak diterbitkan. Setelah itu lakukan proses penerbitan SIM perpanjangan, dilengkapi ujian. Hal ini menguntungkan anda karena proses pembaharuan SIM hanya ditarik 60rb oleh negara, sedangkan buat baru, 75 ribu. Bisa hemat dikit lah mas/mbak...

    BalasHapus
  15. Pak Polisi,
    saya pernah mengalami kasus serupa, anehnya beberapa Polisi yang ada di tempat pembuatan tidak mengetahui SOP pembuatan/pembaharuan SIM yang hilang, dan saya pun tetap di suruh melakukan ujian tulis. Tempat pembuatan saya adalah di Polres Pasuruan, Terima kasih

    BalasHapus
  16. sebelumnya saya mengucapkan salut kepada anda yang membuka ruang interaksi publik mengingat tidak banyak aparat yang melakukannya.

    yang ingin saya tanyakan mirip dengan tante anonim sebelumnya, yaitu kehilangan sim sekira sebulan lalu dan surat kehilangan dari pos polisi terdekat masa berlakunya sudah habis (dlm surat tersebut tertera masa berlaku 2 minggu).

    pertanyaannya apakah saya harus membuat laporan kehilangan ulang di pos tersebut atau bagaimana?terima kasih banyak sebelumnya...

    813

    BalasHapus
  17. sim sya jakarta pak kalo di urus di surabaya bisa ga perpanjangan

    BalasHapus
  18. @ibnu: laporan kehilangan dibuat di polsek terdekat dengan lokasi hilangnya SIM anda.

    @k1ing_badjree: tidak bisa pak, sistem Satpas di Indonesia belum online

    BalasHapus
  19. @ibnu: buat lagi pak

    @k1ng_badjree: tidak bisa pak

    BalasHapus
  20. saya mau bertanya, tentang:

    Satpas(Satuan Penerbitan SIM) dimana SIM dulu diterbitkan..

    berarti kalau di jakarta, harus ke daan mogot ya??

    BalasHapus
  21. @Ikhwan: Bapak buat SIM nya dimana, disanalah bapak meluncur untuk mengurus SIM yang hilang/rusak.

    BalasHapus
  22. assalam. salam
    saya mau tanya pa. Dompet saia hilang, mau mengurus sim saia yang hilang di daan mogot.
    yang saia jadi pertanyaan.
    sim A/C saia tak ada fotocopian nya, tapi alha.. kartu asuransi nya ada. kartu asuransi itu bisa tidak sebagai gantinya fotocopyan Sim saya yang hilang. Terimakasih

    BalasHapus
  23. @LOVELY: Mohon scroll ke atas, dan baca lebih teliti postingan saya pak. Apakah ada saya menulis fotokopi SIM sebagai syarat SIM hilang?

    BalasHapus
  24. kata bapak, surat kehilanagan tidak ada masa kadaluarsanya, tapi di surat kehilangan saya yg saya buat di polsek Coblong Bandung ada tulisan:
    berlaku selama 14 hari sejak tanggal dikeluarkan.

    saya buat suratnya tanggal 20 agustus 2010. dan saya baru bisa ke Daan Mogot (tempat buat SIM) kira2 minggu depan. apakah saya harus buat surat baru atau pake yg ini saja?

    mohon tanggapan bapak.
    terima kasih

    BalasHapus
  25. Sebelumnya saya salut pak dengan anda yg peduli dengan masyarakat yg sangat butuh akan informasi yg penting berkenaan dengan kepengurusan sim dsb...
    saya mau bertanya pak kebetulan beberapa hari lalu saya mengalami kehilangan sim C..dan saya saat ini hanya punya surat keterangan kehilangan dari kepolisian dan KTP saja..kebetulan fotokopi sim c nya tidak ada...namun untuk tahun saya membuat masih ingat pak..apakah itu sudah cukup untuk saya urus ke kantor samsat terdekat?

    saya ucapkan terimakasih banyak..semoga sukses selalu..

    BalasHapus
  26. @agribizniz: Wah, sebelum saya jawab, saya koreksi dulu yah pak, buat SIM itu di Satpas, Satuan Administrasi Penerbitan SIM, kalau SAMSAT itu Satuan Administrasi Manunggal Satu Atap.
    Nah, coba bapak baca baik-baik tulisan saya di atas, apakah ada saya tulis syaratnya harus bawa fotokopi SIM? Tidak ada pak.. LP saja sudah cukup. (kalau KTP tidak hilang, sertakan dengan KTP)

    BalasHapus
  27. pa, saya hilang dompet beserta seluruh isinya termasuk sim, jadi tidak ada tanda pengenal yang tersisa. apakah bisa mengurusnya tanpa ktp atau yang lainnya?

    BalasHapus
  28. @dildotcom: Urus KTP dulu, bawa surat kehilangan plus KTP ke satpas yang menerbitkan SIM anda untuk lakukan proses penerbitan SIM karena hilang.

    BalasHapus
  29. baik pa saya paham penjelasan bapak diatas.. tp yang saya mau tanyakan, biaya pembuatan sim karena hilang sama atau tidak dengan biaya pembuatan sim baru?? kalau boleh tau berapa pa biaya administrasi hingga jadinya sim??

    BalasHapus
  30. sebelumnya terima kasih u/ infonya pak.. tp ada yang mau saya tanyakan mengenai biaya pembuatan sim karena hilang apakah sama dengan pembuatan sim baru?? kalau boleh tau nominal biaya administrasi keseluruhannya berapa pa?? thq

    BalasHapus
  31. @anwar-saiful: biaya pembuatan SIM bisa lihat topik yang judulnya "SOSIALISASI PP No. 50 Tahun 2010 ..."

    Buat SIM baru tidak sama dengan buat SIM hilang. (Sim Hilang, Sim perpanjangan, SIM rubah identitas, SIM rusak masuk dalam satu kategori yaitu SIM Perpanjangan)

    BalasHapus
  32. pak bratasena saya mau tanya.
    bulan oktober 2011 saya kehilangan dompet yg berisi SIM, KTP dll. saya sudah buat laporan kehilangan di polsek terdekat saat itu juga. saya punya kopian KTP tapi tidak punya kopian SIM yg hilang. nah , kalo saya mau buat SIM lagi, perlukah saya buat KTP lebih dulu lagi pak ? trima kasih :)

    BalasHapus
  33. seluruh isi dompet saya ilang kemaren. ktp.stnk.sim a dan c.5 buah atm. setengah setres saya. terimaksih infonya

    BalasHapus
  34. halo pak sena,
    saya amar di cimahi,

    saya mau mau nanya,

    ceritanya saya sudah kehilangan STNK sekitar lebih dari 3 bulan, saya lupa menyimpanya, jadi yang hilang hanya STNK saja, saya sudah mencari ke semua tempat selama 3 bulan ini,di semua tempat, di rumah, di kantor di kampus, dan menanyakan ke beberapa teman saya (dikhawatirkan saya meminjamkan motor beserta STNK, ada teman yg lupa mengembalikan STNK) namun tidak menemukan hasil,

    pertanyaanya, bagaimana cara saya mengurus STNK saya yang hilang, dan kalau boleh tau berapakah biayanya,

    terima kasih pak sena,

    BalasHapus
  35. @melinda: urus KTP dulu, baru urus SIM nya.

    @Muh. Ainur Rofik: Sama-sama pak.

    @amar: syaratnya BPKB asli, Kendaraan dibawa untuk dicek fisik, membuat iklan di surat kabar bagian kehilangan selama 1 bulan, di media radio selama satu bulan (bawa kwitansi dari media tersebut), KTP asli pemilik, kemudian datanglah ke Samsat. Biaya bisa lihat di topik PNBP pak.

    BalasHapus
  36. Pak Bratesena,
    saya juga kehilangan dompet beserta smua isinya termasuk SIM, cuman SIMnya sudah mati sejak 2010 Pak, sampai sekarang belum sempat mengurus SIM pembaharuan. Nah permasalahnya, kehilangan tersebut terjadi di Indonesia pak, tapi saya punya surat kehilangan (berbahasa jerman) dari kepolisian setempat (Jerman). Nanti kalau misalnya saya balik ke indonesia dan ingin memiliki SIM lagi, apakah saya musti mendaftar SIM baru? Oiya, saya punya copy dari SIM yang hilang tersebut. Terima kasih atas jawabannya.

    BalasHapus
  37. @nadhira: kalau mati diatas satu tahun, lebih baik buat baru saja pak, karena prosedur perpanjangan lebih dari satu tahun sama dengan prosedur buat baru.

    BalasHapus
  38. blognya gak kelihatan tulisannya yang biru ,mending backgrounnya polos aja tulisan hitam.

    BalasHapus
  39. Pak mau tanya, kalau biaya pengurusan SIM & STNK hilang berapa ya? Dompet saya baru hilang... terimakasih infonya...

    BalasHapus
  40. pak Bratasena,
    tgl 24 april 2012 saya kehilangan dompet berisi SIM B1, SIM C, KTP, ATM, STNK. Dan saya telah laporan kehilangan ke kantor Polrestabes. Sampai sekarang Saya memang belum mengurus utk membuat baru. Sapa tau klo berharap kembali & karna saya blm pny uang utk itu..
    Pertanyaannya: bisakah surat laporan kehilangan dijadikan sebagai bukti kepemilikan surat2 yg hilang seandainya ada razia/operasi kendaraan & kelengkapan surat2 dijalan?
    Trima kasih sebelumnya..

    BalasHapus
  41. @Fatchul: trims pak.. seneng ada yang care sama tampilan blog saya.. :-) Sudah saya rapiin lagi, semoga sekarang lebih mudah dibaca.

    @Memorabilia: bisa lihat di topik "Harga SIM, STNK berapa?"

    @unknown: (kalau bisa tulis nama biar enak jawabnya)
    Surat kehilangan tidak menggantikan keberadaan SIM dan STNK. Kalau bisa menggantikan, bisa aja ada maling motor dateng ke kantor polisi, buat laporang kehilangan, dan akhirnya dia aman bawa motor curiannya sambil nyengir2 membayangkan polisi yang dikibulinya setiap ada razia. Segeralah urus SIM dan STNK bapak yang hilang.

    BalasHapus

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

KOMENTAR, PERTANYAAN, SARAN, KRITIK

Apresiasi terhadap blog ini, kesan dan pesan kepada penulis silakan tulis di "BUKU TAMU"

Pertanyaan, Komentar, Kritik, silakan tulis di www.facebook.com/penulisblogpelayanmasyarakat

Facebooker yang menyukai blog ini

Terima kasih untuk jempol(like)-nya yah rekan-rekan.. Senang bisa berbagi..

Kecelakaan Diawali Pelanggaran

Loading...