Selamat datang di blog saya!

Topik yang kita bahas kali ini adalah :

Bagaimana Cara Bayar Pajak / Pengesahan Kendaraan Bermotor Tahunan?

Sebelumnya saya jelaskan, saya akan mengingatkan kembali, dalam Samsat, ada 3 instansi, yaitu Polri, Dispenda, dan Jasa Raharja.


Pajak tahunan sengaja 'ditempel' dengan Proses pengesahan tahunan oleh pemerintah dalam satu wadah (Samsat), dengan tujuan memaksa masyarakat untuk bayar pajak. Karena kendaraan yang tidak disahkan tahunan akan dikenakan tilang, sedangkan kendaraan yang belum bayar pajak tahunan, tidak dapat ditilang.

Pajak diurus oleh Dispenda, Pengesahan STNK diurus oleh Polisi.
Proses pemberian stempel pengesahan tahunan, diletakkan setelah proses pembayaran pajak tahunan. Jadi mau tidak mau, masyarakat bayar pajak dulu, baru bisa distempel pengesahan tahunan oleh Polri.

Syarat untuk Pengesahan Tahunan adalah:

1. Identitas diri
    a. Perorangan : KTP/SIM
    b. Badan hukum : Salinan Akte Pendirian, Surat kuasa bermaterai cukup, ditandatangani pimpinan dan dibubuhi cap badan hukum yang bersangkutan
    c. Instansi pemerintah: Surat tugas/Surat kuasa bermaterai cukup, dan ditandatangani oleh pimpinan dibubuhi cap instansi terkait
2. STNK asli
3. BPKB asli
4. Bukti pelunasan PKB/BBN-KB dan SWDKLLJ (SKPD yang telah divalidasi) tahun terakhir. (Lembar yang biasa melekat di belakang STNK, ada jumlah rupiahnya di sana)

Untuk pengesahan tahunan, kendaraan tidak diwajibkan datang, karena tidak ada proses pengecekan fisik kendaraan.

Catatan penting: Setelah bayar pajak, pastikan petugas POLRI memberi stempel pengesahan pada STNK, karena di jalan, yang kena tilang kalau STNK tidak ada stempel pengesahannya. Karena sering ditemukan, karena kelalaian petugas Polri, masyarakat sudah bayar pajak, tapi STNK nya tidak diberi stempel pengesahan.

Nb: Yang merasa dari tadi bingung masalah stempel pengesahan, silahkan dikeluarkan lembar STNK nya, lalu lihatlah ada 4 kotak kosong, yang judulnya "PENGESAHAN". Kenapa hanya 4? Karena pada saat tahun ke 5, rekan-rekan masuk ke proses Registrasi Ulang 5 tahunan, dan STNK akan diganti baru (yg akan saya bahas pada Posting berikutnya).

Semoga bermanfaat.

90 komentar:

  1. ijin blogwalking ndan, nice info :) ijin nyumbang saran, blognya kok masih ikut blogspot ? kalo domain sendiri bisa lebih berwibawa dan ada taringnya ndan,... hehehehe... salam kenal dari kalimantan tengah :)

    BalasHapus
  2. Pak Zarod, trims berat udah mampir.. Nanti sarannya dipikirkan mas.. (maklum, ilmunya belum sampe sana mas.. hehehehe...)

    BalasHapus
  3. Wew, ini yang paling ditunggu (Blognya Pak Polisi), sangat memudahkan! :D

    Pak kalau misalkan saya di kota A lalu pindah ke kota B, sedangkan saya harus Bayar BPKB ke Samsat kota A. Apakah ada cara lain (Online) agar saya tidak harus ke kota A? (karena malas perjalanan jauh) :D
    Dan jika ada cara Online, syarat2nya seperti apa aja yah?

    Terima kasih sebelumnya
    (Sukses buat Buat Pak Polisi yang satu ini) :D

    BalasHapus
  4. Ijin Ndan !! numpang baca2 ^_^ wah sekarang pak pulisi gak garang lagi bisa dijadikan sahabat jadi blogger. Teruskan postingan yang bermanfaat bagi kita semua pak.
    salam hangat serta jabat erat selalu dari Tabanan

    BalasHapus
  5. hrmat ndan..!!! mnanggapi catatan penting di atas,bkti dlpangan bnyak msyrkt yg udh byr pajk,tp blm pngesahan,trs di tilang,pdhal itu kelalaian petugs polri..tp knpa msyrkt jg yg d tilng..dn akhirnya msyrkt jg yg hrs 86 byar kesalahn ptugas polri..demikian kmndan..trimaksih.

    BalasHapus
  6. pak polisi, kok di samsat jg ada calo ya?tahun kemarin waktu bayar pajak kena calo....jadi bayarnya hampir 2 kali lipat tapi di bukti pembayarannya cuma naik 10rb dari tahun sebelumnya...

    BalasHapus
  7. @Jaisy01: Jangan malas! Negara membutuhkan anda untuk membangun negeri! MERDEKA!

    Hehehe...

    Gini pak, Samsat Online saat ini baru Jatim dan Jabar. Kendaraan asli Jawa Timur, bisa membayar pajak dimana saja selama di wilayah hukum Jawa TImur. Begitu juga di Jawa barat. Mohon doanya agar kelak bisa online di seluruh republik. Jadi saya pun gak repot2 pulang ke Jakarta hanya untuk bayar pajak.. :-D

    @Sgharjono: Wah... kalau di lapangan saya garang loh pak... Soalnya kena panas, debu, dan asap knalpot.. ditambah liat pelanggar yang gak adah habis2nya..

    Kebetulan nulis blognya di ruangan ber AC, jadinya full of smile deh..

    Salam balik pak!

    @Shaqa Buana: Kalau ditilang masalah pengesahan (stempel tidak ada), padahal anda sudah bayar pajak, silahkan protes pak..

    @online: Maaf pak, yang di samsat itu bukan calo, tapi biro jasa. Kalau calo memonopoli semua pelayanan. Misalanya ada sekelompol orang memborong tiket kereta, lalu dijual kembali dengan harga tinggi. Calo tiket itu membuat masyarakat tidak mempunyai akses lain, karena PJKA kehabisan stok.

    Nah kalau di samsat itu Biro Jasa, mereka berbadan hukum. Diijinkan oleh negara untuk menjual jasa nya.

    Jadi kalau anda ke samsat, silahkan pilih, mengurus sendiri, atau lewat biro jasa. Kalau mau cepet, gak mau antri, maunya langsung beres, silahkan bayar lebih ke biro jasa nya.

    Kalau mau sesuai harga, monggo diurus sendiri. Sekarang samsat2nya sudah pakai AC koq, terus pelayanan kami tingkatkan se;transparan mungkin...

    Okeh?

    Saya ulang, di Samsat itu bukan calo, mereka biro jasa. Mereka menjual jasa mengurus surat dengan dengan bayaran lebih dari anda.
    TIDAK ADA YANG MENGHARUSKAN ANDA MENGURUS SURAT-SURAT KENDARAAN LEWAT BIRO JASA. Kalau anda punya waktu cukup, URUSLAH SENDIRI...

    BalasHapus
  8. Selamat Pagi menjelang siang PAK, mau tanya nih kalau telat bayar pajak akan di kenakan tilang-kah?
    1. motor yang saya beli second dan belum sempat saya perpanjang dikarenakan si-pemilik awal sedang dinas ke luar daerah selama 2bulan lagi, sedangkan saya sudah menunggak paja selama 2 bulan.
    2. berapa denda yang saya harus bayar?/bulan Rp. 125.000,-
    3. bisakah perpanjang pajak dengan foto copy KTP saja? karena waktu beli dia memberikan foto copy KTP asli masih berlaku.
    Semoga di jawab ya pak. Terimakasih

    BalasHapus
  9. Pak, kalo beli kendaraan baru kan biasanya barangnya dikirim ama dealer, tapi STNK-nya masih dalam proses penyelesain. Sebenarnya kalo STNK belum keluar itu, boleh ngga sih kendaraan baru kita pake buat jalan-jalan di kota atau bahkan keluar kota?
    Kata dealer sih boleh, asalkan nanti surat keterangan dari dealer (kalo dealernya sih nyebutnya surat tilang) jangan lupa dibawa selama di jalan.
    Kalo menurut Bapak bagaimana?
    Terima kasih sebelumnya atas jawabannya

    BalasHapus
  10. Mampir Ndan, numpang tanya nih... Bila saya beli motor plat Nopol kota Surabaya tapi tidak balik nama.. Bisa ngak saya bayar pajak tahunan di luar surabaya tanpa KTP yang bersangkutan,?... cukup BPKB asli,STNK Asli dan KTP asli saya? trims pencerahanya

    BalasHapus
  11. Numpang blogwalking & sekalian saya bookmark deh bro, jarang-jarang dapet plokis bikin blog ;-)

    BalasHapus
  12. @Yoga Muhamad Sugama: Telat bayar pajak tidak ditilang. Yang ditilang adalah STNK tidak disahkan tahunan. (Proses pengesahan terjadi setelah proses pembayaran pajak tahunan)
    1. Segera usahakan KTP pemilik kendaraan anda.
    2. Masalah denda dapat anda tanyakan ke Dispenda
    3. Harus asli Pak.

    @Kristianus: Selama bukti pendaftaran belum keluar/terbit (BPKB, STNK, dan TNKB) artinya kendaraan anda belum didaftarkan. Kendaraan yang belum didaftarkan tidak boleh digunakan di jalan umum.
    Apabila ada solusi menggunakan surat tilang, mungkin akan berhasil pada kesempatan pertama, pada kesempatan kedua apabila anda tertangkap, kendaraan anda akan disita oleh Polisi.

    @Deede: Bayar pajak kendaraan yang belum dibalik nama butuh KTP pemilik kendaraan tersebut.

    Untuk pembayaran pajak yang online saat ini baru wilayah Jawa Timur saja. Jadi kendaraan Surabaya, bisa bayar pajak tahunan diseluruh Samsat di wilayah Jawa Timur saja.

    Tidak bisa pak, KTP yang dibutuhkan adalah KTP pemilik kendaraan bermotor yang sah (tertera pada STNK).

    @Kenjago: Silahkan pak, kalau ada snack dan minuman ringan juga boleh dikirim kepada penulis pak... :-D

    BalasHapus
  13. pak numpang nanya kenapa sih bayar pajak pake nama asli pemilik,...nah kalo dari ktp yang di lihat untuk perpanjang pajak apa aja?

    BalasHapus
  14. bagus banget ni blog ndan...wa suka

    BalasHapus
  15. @bagus: Karena kalau diijinkan perpanjangan pakai KTP orang lain, nanti maling juga bisa perpanjangan STNK kendaraan dong pak..

    @o-on: Terima kasih pak..

    BalasHapus
  16. pa maaf numpang tanya,

    jdi begini awalnya saya berdomisili di bdg terus karena kerja saya pindah ke purwakarta,

    yang jadi masalah saya adalah ktp bandung saya hilang entah kemana yang ada ktp purwakarta dimana saya sekarang menetap sudah sekitar 2 tahun,

    tahun kemarin saya bayar pajak dengan ktp bandung nah tahun ini saya mau bayar pajak bingung ktp nya kan hilang apakah bisa saya bayar pajak di daerah bandung timur dengan ktp purwakarta sedangkan alamat distnk alamat saya waktu masih di bandung?

    BalasHapus
  17. @Mario HS: Dilengkapi surat keterangan dari desa asal dan diketahui oleh Camat pak, bahwa anda benar telah pindah alamat ke (alamat yang baru).

    BalasHapus
  18. wah muter2 cari info pajak online nemu disini, makasih buuuanget infonya ndan!!!
    kl boleh saran, mending di bikin new topic aja yg seputar pajak online, sbab masih banyak masyarakat yg belum tau ttg ini...
    sekalian mo ngucapin met ULTAH buat POLRI, tetap semangat ndan!!!

    BalasHapus
  19. @voma: Masalah pajak online sudah saya posting pada bulan November 2008, silahkan dilihat postingan saya yang berjudul "Samsat Link Seluruh Jawa Timur!!!"

    Terima kasih pak, mohon doakan kami agar semakin profesional dan lebih dicintai oleh masyarakat.

    BalasHapus
  20. pak, kalau motornya masih kredit kan BPKPnya masih ditahan tuh... trus bayar pajaknya gimana? tetep harus bawa BPKB ya?

    BalasHapus
  21. @birrushafa: minta fotokopi BPKB disertai keterangan dari leasing yang dilengkapi dengan stempel asli serta tanda tangan petugas dari leasing.

    BalasHapus
    Balasan
    1. selain fc BPKB, apalagi yg dibutuhkan kalau motor masih kredit?

      Hapus
  22. Numpang nanya pak.
    Saya sudah byr pajak motor tahunan sekitar bulan mei 2010,
    tapi ketika saya cek, ternyata tidak ada pengesahaannya (stempel),
    yg berarti telah berjalan sekitar 4 bulan sampai dengan bulan ini.

    Apa bisa saya mintakan kembali pengesahannya (stempel) ke samsat?
    Ada ada syarat dan atau biaya untuk itu?

    Terima kasih

    BalasHapus
  23. Muhammad Iqbal: Bisa banget pak! Nanti di Samsatna sambil ngomel dikit ke pak polisinya.. "wah pak, untuk saya belum ketilang nih.. Kalau ketilang tanggung jawab bapak nih, masak saya udah bayar pajak, STNK saya gak distempel (disahkan).."

    BalasHapus
  24. Asslm....

    Waaah artikelnya sangat bermanfaat

    Nih ada hadiah dari Aku....hehehe

    Kenapa kita menutup mata ketika kita tidur ?
    Kenapa kita menutup mata ketika kita menangis ?
    Kenapa kita menutup mata ketika kita membayangkan sesuatu ?
    Kenapa kita menutup mata ketika kita berciuman ?
    Hal hal yang terindah di dunia ini biasanya tidak terlihat

    Ada hal hal yang tidak ingin kita lepaskan
    dan ada orang orang yang tidak ingin kita tinggalkan
    Tapi ingatlah, melepaskan bukan berarti akhir dari dunia
    melainkan awal dari kehidupan yang baru...


    Indahkan...hehehe

    Sob, jangan lupa kunjungan balik ya, sekalian mampir ke blog baru saya Mohon direview ya nih baru saya bikin:

    http://modifikasimobilterbaru.blogspot.com


    Salam Silaturahmi Antar Blogger Indonesia


    Wassalm...

    BalasHapus
  25. @Neng Ayu: Waaaah.. suatu kehormatan nih dapet hadiah dari pengunjung blog yang cantik sekali (data diambil dari hasil observasi foto id nya loh).. Terima kasih yah mbak hadiahnya...

    Tapi kalau bisa dijawab, saya coba jawab yah mbak puisinya:
    1. Mata tidak selalu tertutup saat tertidur (kata ikan)
    2. Ada tangisan yang memaksa kita untuk tetap membuka mata (kata orang yang lagi motong bawang)
    3. Membayangkan sesuatu harus melek loh... Kalau merem malah aneh.. (kata pak polantas yang baru datang di TKP laka lantas)
    4. Naaaaaaahh... Kalau masalah ciuman, saat pasangan mulai melakukan hal yang tidak kita sukai, umumnya mata langsung terbelalak melotot dilengkapi sebuah tamparan yang indah..

    Maaf, just joking loh mbak.

    Terima kasih sudah mampir mbak.

    Salam.

    BalasHapus
    Balasan
    1. wiiiihh.... balesannya gak kalah keren pak Ndan!
      Nice blog pak.. membantu sekali.

      Hapus
    2. Komentar ini telah dihapus oleh penulis.

      Hapus
  26. pa Kalau di jawa barat sudah online..?

    saya dari cirebon mau perpanjang stnk di bandung bisa tidak..?

    kalo bisa tempatnya dimana..? hehe

    Terima Kasih Pak

    BalasHapus
  27. Bos,
    kalau mau bayar pajak kendaraan , tapi Kartu Identitasnya/KTP na bukan Identitas/KTP yang tertera di STNK/bukan pemegang pertama.
    kalau itu kasusnya gimana bos, bisa tidak? atau ada proses yang berbeda?
    makasih bos.

    BalasHapus
  28. @belajar usaha: coba telp 108, tanya nomer samsat anda. lalu hubungi, tanyakan dimana lokasi samsat terdekat. Jabar sudah online pak, untuk pembayaran pajak tahunan.

    @belakang pintu: tidak bisa bos, andaikan ada maling motor, hoki berat, udah dapet motor, dapet STNK pula di jok motornya.. Kira-kira dia bisa bertanya dengan hal yang sama tidak dengan pertanyaan anda? Nah, itulah gunanya di samsat ada seleksi identitas, untuk pembayaran pajak, KTP asli harus sesuai dengan STNK, mencegah maling motor atau pihak yang tidak bertanggung jawab bayar pajak kendaraan yang bermasalah tersebut. Kalau pun kasusnya jual beli, segeralah lakukan proses balik nama.

    BalasHapus
  29. Siang Komandan :)

    Menanggapi komentar bpk tentang pajak telat tidak ditilang, tapi tanpa cap pengesahan = ditilang, berarti ujung2nya kalo pajak telat ==> ditilang donk? kan kalo belon bayar pajak, tidak mungkin kita ke samsat untuk mendapatkan cap pengesahan tahunan? nah kalo kasusnya seperti itu, kita dikenakan pasal berapa pak? soale saya sudah 2x punya pengalaman pribadi "dipalak" oleh polisi gara22 pajak telat, yg pertama saya kena di daerah lumbir ( antara majenang - wangon ), operasi ga jelas, saya dipaksa membayar 500rb ato mobil akan dikandangkan sampai proses sidang gara22 telat pajak. saya sudah berdebat panjang lebar mengenai pajak telat tidak bisa ditilang, polisinya malah marah22 dan membawa mbl saya serta menahan kunci mbl, akhirnya saya ga mau repot, kepaksa saya naik bis buat ambil atm bca ke wangon 3/4 jam dari TKP.
    kejadian ke 2 di daerah isimu selatan - gorontalo, mirip dengan kasus yg saya tanyakan, dia ngotot krn tidak ada pengesahan cap, mbl harus dikandangkan, atau saya membayar denda 250rb, ahirnya saya mengalah drpd repot
    2 hal tadi dikarenakan saya membawa mbl plat DB ( manado )dari bandung menuju manado via darat.
    kedua kasus tadi modusnya sama pak, polisi disana meminta uang denda yg besar dengan memanfaatkan telat bayar pajak ini serta hanya mau memberikan surat tilang kalau mobil kita dikandangkan, mereka tidak mau memberikan surat tilang hanya dengan menahan sim/stnk kendaraan.


    mohon tanggapannya ya komandan, terima kasih atas perhatiannya :)

    salam

    ricky

    BalasHapus
  30. @Rickey: Memang dibuat demikian oleh pemerintah, proses pengesahan dibuat akhir dari proses pembayaran pajak, untuk memaksa masyarakatnya supaya gak males bayar pajak.
    Alasan polisi menahan kendaraan, bisa-bisa yang diperiksa adalah maling.
    Maling kendaraan yang benar-benar hoki, adalah maling kendaraan yang saat dia mendapat kendaraan, dia mendapat bonus stnk di dalam kendaraan tersebut. Karena bonus kecil kemungkinan lengkap dengan KTP, akhirnya dia tidak pernah bisa nembus samsat, saat dia ingin bayarin pajak. Itulah gunanya proses di samsat memaksa pemilik kendaraan menunjukkan KTP asli. Saran kami, warga bijak-taat pajak, segeralah bayar pajak anda.

    BalasHapus
  31. Numpang tanya Ndan : Saya baru beli kendaraan (roda 4)plat nomor Tuban. Saat ini saya ingin bayar pajak kendaraan di Samsat Bojonegoro dengan memakai KTP atas nama pemilik (sesuai STNK. Bisa nggak Ndan. Tadi aku minta tolong teman kok gak bisa. Katanya harus di Samsat Tuban, kaitanya dengan pajak progresif katanya. trim's atas jawabannya.

    BalasHapus
  32. @Budex: Saya kurang paham masalahnya pak, namun mungkin penyebabnya ini:
    1. KTP yang dipakai hanya fotokopi, samsat tidak terima fotokopi an KTP, harus yang asli.
    2. Terlambat bayar pajak, saat samsat menagih pemilik, pemilik bilang sudah terjual, jadi data dikunci sampai kndaraan tersebut dibalik nama

    Untuk pastinya, coba tanyakan langsung ke samsat Bojonegoro pak.

    BalasHapus
  33. Ndan, numpang tanya nich Pak, Saya punya STNK, dulu pas pertama terima dari dealer nggak da plastiknya, makanya saya suruh kemenakan saya untuk beli plastik, tapi malah dilaminating. Gmn itu pak naruhnya cap pengesahannya?

    BalasHapus
  34. @ngambarsari: Minta petugas samsat untuk diterbitkan STNK baru, yang lama biar ditarik dan dimusnahkan oleh petugas.

    BalasHapus
  35. pak mau nanya, bisakah pengurusan pajak motor dilakukan oleh saudara, kalau kendaraan saya plat bogor tetapi sekarang sedang berada di palembang? kalau bisa apa saja syaratnya?

    BalasHapus
  36. Wah Klo ganti tuwh pake` biaya nggak Pak?

    BalasHapus
  37. Wahhh...... Ndan.... Baru ngeh kalau 4 kotak pengesahan pembayaran pajak kendaraan kita bersih.... Bisa kan kita komplain ke Samsat atas kelalaiannya...?? Untung banget selama sekian bulan kita nggak da urusan sm Polis masalah pelanggaran.... Wajarlah.... kita kan pengendara yang taat peraturan dan santun di jalanan.... he....he.... Tks sudah diingatkan dan informasi yang jelas.....

    BalasHapus
  38. @inafdi26: mohon baca lagi syarat perpanjangan yang saya tulis di atas. Lengkapi, bawa ke samsat asal. Kendaraan tidak diperlukan dalam proses pembayaran pajak/pengesahan tahunan.

    @ngambarsari: sekarang toilet aja bayar mas... ganti STNK juga bayar, karena itu merupakan kesalahan pemilik kendaraan bermotor. Harga blanko STNK bisa lihat pada topik Sosialisasi PP No. 50.
    Bagi yang lain bisa dijadikan pelajaran, jangan pernah melaminating STNK, SIM, apalagi BPKB anda.

    @Batik Madura: senang bisa membantu.

    BalasHapus
  39. Pak, saya sekarang tinggal di padang pny KTP padang dan JKT.
    kendaraan saya blat B - jkt. selama ini bayar pajak di urus sodara di jakarta dgn ktp jkt saya

    Nah gimana cara agar saya gak perlu repot2 minta sodara di JKt bayarin pajak kendaraan. ada cara agar saya bisa bayar pajak lgsg di Padang ?

    BalasHapus
  40. @test: tidak bisa, karena Samsat tidak online seluruh republik.
    Pajak kendaraan ditujukan untuk menambah pemasukan daerah. Kendaraan dibuat alokasi daerah, dengan harapan kendaraan pelat B digunakan hanya di wilayah Jakarta. Beda wilayah, sepengetahuan saya, beda juga penarikan pajaknya. (Pajak urusan Disependa)

    BalasHapus
  41. Selamat Siang Pak.. mohon bantuannya.. saya baru saja mengecek di http://www.dipendajatim.go.id kok masa berlaku pajak STNK saya yang terinput di situs itu hanya sampai 25 Mei 2010 ya? Sedangkan saya sudah melakukan pembayaran pajaknya, dan yang tercantum di STNK saya memang sampai 25 Mei 2011..yang jadi acuan yang terinput di situs itu atau yang tercantum di STNK saya?
    terima kasih banyak atas bantuannya..

    BalasHapus
  42. @Sim Agata: yang tertera di STNK

    BalasHapus
  43. pak saya baru aja dari samsat ketintang surabaya.
    mau bayar pajak, kendaraan saya asal tulungagung tetapi sekarang saya sudah pindah domisili (KTP)sidoarjo, dan KTP Tulungagung sudah tidak ada.apa bisa saya bayar pajak dari samsat sidoarjo Atau surabaya??? saya tanyakan di informasi samsat ketintang katanya tidak bisa harus dimutasi katanya. mohon penjelasannya...
    terima kasih.
    -wisnu-

    BalasHapus
  44. @wisnu: pindah domisili, kendaraan diwajibkan pindah mengikuti domisili. Kalau KTP baru di Sidoarjo, kendaraan dimutasikan dari Tulungagung ke Sidoarjo.

    BalasHapus
  45. kebetulan tgl 22 juni 2011 saya harus bayar pajak tahunan, tapi syaratnya kan salah satunya harus ada fotocopy BPKB, nah motor saya kn kreditan belom ada bpkbnya, lalu gimana caranya untuk memperoleh bpkbnya itu pak?

    BalasHapus
  46. @Merakit Komputer: Datang ke lembaga kreditnya pak. Minta fotocopy BPKB di legalisir + stempel dari lembaga kredit + surat keterangan.

    BalasHapus
  47. pak klo mo bayar pajak yng telat dari luarkota asal nopolnya apa bisa? motor saya nopol sidoarjo dan skrg saya berada di banyuwangi apa bisa saya bayar dari samsat banyuwangi, tapi jatuh tempoh pajaknya udah lewat alias telat pak. tqtq

    BalasHapus
  48. @incio.net: kalau telat sepengetahuan saya harus kembali ke samsat awal pak, sistem online tidak berfungsi, ada dendanya soalnya pak.

    BalasHapus
  49. saya beli motor bekas di dealer, tuk mempermudah bayar pajak saya harus balik nama kan ? biayanya berapa dan saya balik nama stnk dulu atau sekalian dengan bpkbnya ?
    terimakasih

    BalasHapus
  50. @alfi: Mohon baca posting yang berjudul SAMSAT, disana anda akan mengetahui bahwa tanggung jawab/urusan pajak kendaraan bermotor adalah Dispenda.

    BalasHapus
  51. Numpang Curhat nih pak...Kenapa sih bayar kendaraan mesti ada identitas asli si pemilik, padahal kan mobilitas kendaraan di Indonesia dah sangat tinggi, pindah dari tangan ke-1 ke tangan ke-2 dst. Sehingga banyak ketidak benaran di negeri ini, seperti bikin KTP Palsu, Nembak KTP dll banyak terjadi, karena pemilik kendaraan sebelumnya dah berpindah alamat atau tidak mau meminjamkan KTP-nya. Kenapa sih gak dipermudah saja, yg penting ada tanda bukti tahun lalu, stnk dan BPKB asli?

    BalasHapus
  52. pak.. plat nomor kendaraan saya P (Banyuwangi), sedangkan saya tinggal di Surabaya. saya mau bayar pajak tahunan dimana klo melayani pembayaran Online disurabaya.. tapi BPKB berada di Banyuwangi dan STNK bukan atas nama saya. bisa ga' ya pak..? trims buat pencerahannya

    BalasHapus
  53. @Oni Arhani, S.Pd: Balik nama dibutuhkan dalam hal registrasi dan pajak pak. Bapak mau sudah lepas mobil bapak 4 tahun yang lalu, suatu hari didatangi polisi karena mobil tersebut terlibat pengeboman di Bali? Saat Polisi datang, bapak hanya berkata... "Wah, sudah saya jual pak.. 4 tahun yang lalu.." Trus polisi nanya, "Buktinya mana? KTP pembeli nya mana? Kalau tidak ada, bapak saya bawa ke kantor untuk kami periksa lebih lanjut..." Apes deh... :-D
    Jadi bukan menyulitkan yah pak... Tapi memang demikian peraturannya, apalagi sekarang berlaku pajak progresif... Kalau suatu saat bapak ke Samsat mau bayar pajak, lalu menemukan pajak anda tinggi karena terdeteksi anda punya 2 mobil, bagaimana? Bapak akan stres mencari pembeli mobil lama anda 4 tahun yang lalu, dan ntah dimana dirinya sekarang berada... :-)

    @Design: Mohon baca lagi postingan saya, kalau belum jelas, baca lagi, dan kalau masih belum jelas, baca lagi... :-)

    BalasHapus
  54. Pagi Pak,,,saya mo nanya,saya skrg dinas di Bank BRI Kediri trus yg saya tanyakan,,
    1.Spd mtr saya milik ortu dgn Plat nomor Sby,,utk proses pjk 5 tahunan apa hrs proses ke samsat sby
    2.Utk layanan tsb diproses hr sbtu bs ga ,,krn wkt saya hnya bs sbtu & mggu,,
    3.Apa bs utk pajak 5 tahunan cek fisik spd mtr dilakukan di Samsat Kediri trus berkasnya dibawa ke Samsat Sby,utk proses selanjutnya. utk pajak tahunan khan bs di Smsat KEdiri.

    BalasHapus
  55. @AndhiGoo:
    1. Menyelesaikan registrasi 5 tahunan harus ke samsat awal.
    2. Pelayanan samsat tetap buka hari Sabtu.
    3. Prosedur yang tertera dalam peraturan, kendaraan harus didatangkan untuk melakukan proses cek nomor rangka dan nomor mesin.
    Namun beberapa samsat ada yang membantu dengan membuat cek fisik bantuan.
    Ada beberapa samsat yang tidak melayani ini karena saat masyarakat yang meminta bantuan cek fisik bantuan memberikan sejumlah uang sebagai tanda terima kasih, sering dijadikan bahan oleh wartawan atau LSM sebagai pengaduan masyarakat berupa pungli yang terjadi di Samsat.
    Jadi saya tegaskan lagi, Cek Fisik Bantuan tidak ada dalam prosedur. Silahkan cek ke samsat anda terdekat, apakah petugasnya berkenan membantu atau sesuai prosedur.

    BalasHapus
  56. Mantap response-nya cepet Gan... :-)

    Numpang tanya, apakah ada waktu minimal pembayaran pajak tahunan maupun penggantian STNK ?

    Niatnya sih mau sekali aja ke SAMSAT (gak bolak balik)...

    Misalkan saya harus memperpanjang STNK Motor (berlaku hingga Januari 2012) dan bayar pajak tahunan Mobil saya pada September 2011.

    Bisa gak saya melakukan kedua hal tsb pada Sep 2011 (terutama untuk yang Motor) ?

    Terimakasih.

    BalasHapus
  57. @hanashopdepok: mohon maaf pak, yang lebih berwenang menjawab masalah pajak adalah Dishub, coba telp Samsat di wilayah anda untuk mengetahui jawabannya. Maaf pak, kebetulan saya belum ada data yang cukup untuk pertanyaan bapak, khawatir jawaban saya berbeda dengan yang berlaku di samsat wilayah bapak.

    BalasHapus
  58. Pak saya mau nanya...
    saya domisili di Padang, mobil saya udah habis pajaknya sekitar 3 bulan ini...Plat nomernya BM ( Riau )
    kemaren mau bayar pajak, di tolak untuk perpanjangannya karena tidak memiliki KTP pemilik sebelumnya..
    mobil saya masih dalam masa kredit dari leasing...
    mau balik nama juga di minta KTP asli yg ada di stnknya..
    untuk balik nama ini dokumen apa saja yg di butuhkan dalam kasus saya ini..
    yg jadi masalahnya saya tidak tau di mana pemilik sebelumnya yg ada tertera di stnknya itu tinggal, sudah di cek di alamat lamanya ternyata sudah pindah...
    mohon bantuannya bagaimana solusinya pak..
    terima kasih

    BalasHapus
  59. mo tanya ndan..saya di padang...mo bayar pajak motor a/n nama sendiri...tapi alamat yg lama ama yg sekarang udah berubah karna pindah...tapi masih di kota padang juga cuma beda kecamatan aja...jadi samsatnya masih sama juga...gimana caranya tuh ndan..???

    BalasHapus
  60. Salut buat Pak Pulisi yg begini,mudah2an masih banyak diluar sana yg seperti bapak,astungkara..

    oh iya pak,di STNK saya kolom pengesahannya hanya ada capnya saja,biasanya ada parafnya,bagaimana itu pak?apakah bisa ditilang juga?

    Suksma

    BalasHapus
  61. malem ndan...
    temen saya cabut berkas + bayar pajak di samsat bekasi, via biro jasa di sana, selesai dia langsung ke samsat depok, tapi di sana dia di tolak soalna lom ada fiskalnya, dia balik lagi ke bekasi tuh biro jasa dah menghilang...
    nahhh... temen saya minta ke loket fiskal g di kasih soalna lom ada bukti pelunasan pajaknya, yang jadi pertanyaan... bisa g ndan kita ngecek di samsat bekasi pajak kita dah di bayarin apa belum, trus bisa minta surat nya lagi g buat ngambil fiskal nya....
    makasih banyak ndan...
    jaya terus kepolisian Republik Indonesia

    BalasHapus
  62. salam indonesia

    pak klo KTP saya habis masanya dapatkah digunakan untuk mengurus pembayaran pajak tahunan klo tidak bisa menggunakan identitas SIM bisa tidak??

    BalasHapus
  63. salam kenal pak..saya domisili di depok, saya mau memperpanjang stnk motor tapi ktp dah pindah beda kelurahan aja?prosesny ke samsat terdekat y pa? tp ktny ngurus perubhn alamat ke jakarta(pusat /daan mogot)?gmn proses yg benar y pa..mhn pnjlsnnya y pa.tks.

    BalasHapus
  64. umur stnk mx 2006 sy dah 5 taun, hrs nya tgl 8 des 2011 kmaren sy proses, cuma karna lupa, sy bisa proses tgl 10 des 2011. anehnya setelah proses cek fisik selesai, di loket pembayaran samsat, sy dikasi tau ada 2 notis pembayaran yg harus sy lunasi. notis 1 senilai Rp 533.000, notis 2 blum sy ketahui nominalnya karna kalo mau tau harus lunasin dulu notis 1. sy tanya sama si loket "ko sampe besar gt bu..?" alasannya karna slm 5 taun sy ga bayar pajak, PADAHAL SETIAP TAHUNNYA SAYA TIDA PERNAH TELAT PERPANJANG STNK, BARU AKHIR2 INI AJA KARNA LUPA jadi telat 3 hari.dan identitas pun asli pakai identitas sy sendiri. karna sy butuh, sy usahain melunasi notis 1 senilai 533 rb tadi dengan harapan, paling notis 2 bayar kurang dari 50rb. gataunya setelah sy bayar, sy liat nominal notis 2 dengan rincian yg sulit sy pahami sebesar Rp 478.200. kalkulasi jadi SATU JUTA SEBELAS RIBU DUA RATUS. sy ga brani bayar karna ga wajar. kira2 solusinya seperti apa yaa pa??? makasih, sukses

    BalasHapus
  65. @zoevrigntng: Coba telepon 108, tanya nomor telepon Samsat Bekasi, tanyakan kepada petugas disana nomor polisi yang anda maksud. Umumnya Samsat di nomor layanannya, dilengkapi dengan komputer informasi, yang bisa mengakses data2 pajak kendaraan di wilayah nya.

    BalasHapus
  66. @RazqaAndria: Salam! Maaf pak, KTP harus dalam kondisi hidup/masih berlaku.

    BalasHapus
  67. @ikhsan 29: santai saja pak, kalau masih dalam satu wilayah samsat tidak perlu pindah samsat. Hanya minta keterangan yang sah telah pindah dari alamat lama ke alamat baru, dari kelurahan/kecamatan.

    BalasHapus
  68. @anjing tanah: Guk.. Guk.. Rrr... Rrr... Guk.. Guk.. (artinya: Pajak urusannya Dispenda brother, bukan urusan Polisi...) :-)

    BalasHapus
  69. @QyaRa-Luv: Sulit bu.. Jaman dulu Samsat masih bisa terima, namun sekarang sudah mulai tertib administrasi, KTP sangat dibutuhkan sebagai bukti anda memiliki kendaraan tersebut dengan sah/baik-baik, tidak dalam kondisi hasil pencurian, penggelapan, mengambil punya saudara sendiri. Coba ditelusuri terus KTP pemilik sebelumnya bu.

    Pesan buat rekan-rekan yang lain kalau beli kendaraan seken, segeralah balik nama, karena kalau tidak rekan-rekan akan terbentur dengan permasalahan seperti ini.

    Sebaliknya bagi rekan-rekan yang akan menjual seken, berhenti berpikir bahwa untuk mengurangi harga, balik namanya belakangan aja, pas bayar pajak KTP nya dipinjamkan. Hati2!!! Sekarang mulai diberlakukan pajak prograsif.. Anda riilnya hanya punya 1 motor, tapi kalau motor2 lama anda tidak dibalik nama, saat bayar pajak, bisa2 pajak anda naik 5x lipat, karena di komputer anda memiliki 6 motor (padahal yang 5 sudah gak jelas.. Anda pusing mau maksa suruh balik nama, yang beli juga pusing gak bisa bayar perpanjangan...)

    @henkioce: cari surat keterangan pindah dari kelurahan lama bapak, yang membenarkan bapak pindah dari alamat LAMA ke alamat BARU. bawa deh ke Samsat...

    @gusti: terima kasih pak. Yang penting ada stempel pak. Aman...

    Bagi rekan-rekan yang sudah bayar pajak, tapi STNK nya gak dikasih stempel, langsung protes saja! (mohon dimaafkan, kebetulan yang nyetempel juga manusia.. Bisa lalai.. Bisa lupa.. dan butuh ditegur saat mereka salah..)

    BalasHapus
  70. Gan mau tanya
    Saya punya motor plat AE(Karesidenan madiun)
    dulu gak ada masalah karena KTP saya masih di sana, sekarang saya pindah ke Surabaya dgn KTP Surabaya, bisa gak ganti alamat di stnk dgn alamat surabaya tp tanpa mutasi ke tempat baru, soalnya saya masih sering ke kota sana....
    Kalo emang gak bisa, berapa ongkos mutasinya

    BalasHapus
  71. Terimah kasih atas infonya sangat bermanfaat sekali...

    BalasHapus
  72. mikum pak, saya mao bayar pajak tahunan nanti bulan februari tgl 2 2012. masalahnya gini pak motor itu plat B jkt slatan saya tinggal di bogor ktp saya yg alamat jakarta sudah tidak ada skrng saya pakai ktp bogor.. jadi bisa tidak itu ktp bogor di pake buat bayar pajak

    BalasHapus
  73. @froodo: tidak bisa pak, STNK menyesuaikan KTP. Kalau mau tertulis alamat di KTP Surabaya, STNK juga harus dimutasikan ke Samsat Surabaya.

    @Masdi: :-) Senang bisa berbagi pak..

    @dediakbar: buat surat keterangan pindah dari kelurahan/kecamatan setempat sebagai bukti sah bahwa benar anda telah pindah alamat.

    BalasHapus
  74. kalo biaya bayarnya kira-kira berapa duit ya pak...?
    Trimakasih pak...

    BalasHapus
  75. wah...seneng ketemu blog ini.

    pak ikut nanya juga.terkait masalah mutasi stnk nih.masa 5thn-an stnk sy sudah habis, makanya drpd perpanjangan stnk akhirnya sekalian sy mutasikan kendaraan dari jateng ke jatim (surabaya) krn ktp sudah pindah.waktu disamsat jateng sy menyerahkan dokumen cabut berkas dan dikasih surat jalan dr samsat sbg bukti "stnk dlm proses".nah selang 2 minggu dpt kabar berkas cabut sudah selesai dan bisa diambil, krn sy blm bisa ke jateng maka sy minta kakak sy utk mengambilkan berkas ke samsat dan dikenai biaya 400rb. nah yg sy penasaran, biaya itu kira2 sudah termasuk bayar pajak perpanjang stnk belum ya pak?. soalnya denger2 kalau mutasi stnk, di kota tujuan nanti disuruh bayar pajak lagi. kalau bener demikian jadi bayar pajak 2x dong.apa bener demikian kalau mutasi bayar pajaknya dikota tujuan? mohon pencerahannya...

    BalasHapus
  76. Selamat malam pak..

    Saya mau tanya mengenai cek fisik sebagai syrat untuk balik nama dan mutasi (dari Jakarta dan Pekan Baru). Apakah bisa untuk cek fisik dilakukan di Pekan Baru (hanya untuk cek fisikny saja)? karena tidak memungkinkan untuk membawa mobilny ke Jakarta. Terima kasih.

    BalasHapus
  77. Seperti di sebut diatas diantara syarat untuk bayar pajak Pengesahan Tahunan adalah:
    1.Identitas diri a. Perorangan : KTP/SIM
    Nah berarti seharusnya persyaratan pakai SIM boleh kan pak? (kasus: pindah kota lain, tapi ID sim kan masih sesuai STNK)

    BalasHapus
  78. ahirnya ketemu juga yang bahas ini.

    gini pak, bisa gak saya beli motor di padang, tapi ktp saya ktp tangerang.
    thanks..

    BalasHapus
  79. Pak,mau nanya ni,
    1. pajak progresif itu berlaku juga jika beda provinsi? misalnya kend.1 dijual dan belum di BBN oleh pembeli di prov A, kemudian sy pindah ke prov. B dan berencana memberli kend. dan di-BBN-kan, apakah sy akan dikenakan pjk progresif?
    2.Apakah kend. yg telah dijual perlu dilaporkan dan bagaimana prosedurnya? mengingat kend.tsb belum di BBNkan.
    Sebelumnya terima kasih banyak atas bantuannya pak...

    BalasHapus
  80. Mau tanya, Pak. Saya ke SAMSAT untuk perpanjang STNK. Tetapi disuruh mutasi dulu karena alamat SIM/KTP yang baru (Kota Bandung) berbeda dengan STNK(Kabupaten Bandung). Lalu saya minta bagaimana kalau menggunakan paspor/BPKB yang masih menggunakan alamat lama. Tetapi hal tersebut tidak diterima.Petugasnya memberi solusi memperlihatkan Kartu Keluarga dengan alamat lama.Ini menjadi kesulitan juga karena Kartu Keluarga saya sudah ganti dengan yang baru (sudah berkeluarga). Pertanyaan 1: Kenapa perpanjang STNK tidak bisa menggunakan identitas paspor atau BPKB kendaraan?Bukankah ketika membuat paspor, KK juga merupakan salah satu syarat.Jadi secara tidak langsung sudah diverifikasi oleh pihak imigrasi. Pertanyaan 2: Berapa lama kira-kira proses mutasi kendaraan?Karena pembayaran pajak kendaraan saya jatuh tempo dalam waktu dekat.Terimakasih sebelumnya.

    BalasHapus
  81. @dediakbar: langsung tanya ke sana saja yah pak. beda tipe, merk, cc, lokasi, sudah beda pajaknya..

    @deagusta: dalam proses mutasi banyak biaya berputar disana pak. 400rb tadi bisa buat pajak yang mati, bisa buat bea balik nama, atau hal yang negatif (pungli). namun untuk kepastiannya, coba tanyakan baik-baik kepada petugas, minta penjelasan sambil bawa kertas dan bolpen untuk mencatat. Kalau pungli, biasanya petugas samsat (Polisi/Disependa/Jasa Raharja) bakal malu-malu, atau marah2. Kalau itu prosedur, biasanya penjelasannya lancar dan mengalir pak.

    @mariana: prosedurnya tidak bisa bu. karena polres lama bertanggung jawab penuh jika mobil tersebut ada perubahan nomor rangka atau nomor mesin. polres lama harus menyerahkan kepada polres baru, berkas & mobil dalam keadaan bebas dari permasalahan. (permasalahan bisa dari perubahan fisik, masalah tunggakan pajak, atau prasangka terlibat suatu tindak pidana)

    @admin bm: tidak bisa pak, petugas biasanya mencocokkan KTP dengan SIM sebagai fungsi keamanan ganda, sejak kejadian2 teroris yang melakukan pindah-pindah alamat.

    @obby munthe:
    Kasus motor baru:
    tidak bisa pak, karena nanti penerbitan BPKB dan STNK menyesuaikan dengan wilayah motor tersebut dijual. kecuali bapak minta dealer nya untuk beli off the road, bapak bawa sendiri ke lokasi di KTP bapak, baru didaftarkan sendiri ke Samsat.

    Kasus motor seken: bisa, namun segera lakukan proses balik nama.

    @acc: masalah pajak progressif bisa langsung tanya di samsat yah pak, soalnya itu itung2annya Dispenda. Kalau masalah beli mobil, segera dibalik nama, daripada ribet pinjem2 KTP saat mau perpanjangan, dan membebani pemilik sebelumnya karena terkena akumulasi progresif.

    @fai: 1. perpanjangan STNK di wilayah yang belum online memang masih terikat dengan samsat awal pak, karena berkas tersimpan disana. Paspor tidak digunakan dalam proses registrasi kendaraan.
    2. bisa satu bulan lebih pak, tergantung banyaknya kendaraan yang diregistrasi di samsat tersebut.
    Namun kalau kasusnya hanya untuk bayar pajak tahunan, coba buat surat keterangan pindah dari desa/kelurahan pak.

    BalasHapus
  82. Selamat Siang Pak,

    Sudah menjadi rahasia umum, bahwa di SAMSAT banyak pungutan liar (tanpa kwitansi) walaupun ditulis gede2 bebas pungutan atau Gratis tetep aja masih banyak, malah terkesan merajalela tanpa punya rasa malu meminta kepada wajib pajak, padahal kami ikut aturan pakai jalur resmi.

    Untuk memberantas hal2 tersebut, sebaiknya kami harus lapor kemana?
    dan siapa yang bertanggung jawab akan hal2 tersebut?
    karna saya lihat itu sudah ada pembiaran proses dan dianggap lumrah?
    saya yakin semua orang tahu itu ada dan terjadi sehari2.

    jadi lapor ke siapa biar kami bisa di bantu dan ada tindakan tegas dan nyata.

    terima kasih sebelumnya.

    bambang

    BalasHapus
  83. @Elthon Forward: Ya iya lah mas.. kalo pake kwitansi, bukan pungli namanya.. wkwkwkw.. maap, intermezzo...

    1. Lapor ke provost satuan setempat
    2. Yang bertanggung jawab adalah Kasat Lantas dan Kapolres satuan setempat.

    Pungli di Samsat selain dengan cara dilaporkan, masyarakat juga harus berani protes langsung saat dimintai uang yang tidak jelas oleh petugas. Disana ada koordinator pelaksana yang bertugas mengawasi jalannya Samsat agar bebas dari pungli dan berjalan lancar, namanya Kanit Regident. Silahkan laporkan kepada pengawas tersebut penyimpangan-penyimpangan yang terjadi.

    BalasHapus
  84. Saya bayar pajak di tangsel tapi kok seperti ada uang siluman, padahal saya mengurus sendiri awalnya saya mengisi formulir lalu menyerahkan berkas di loket pengesahan dan registrasi tunggu di panggil, setelah di panggil ada biaya nya sebesar Rp. 25.000,- namun tidak tertulis setelah itu ke loket 2 untuk pembayaran dan harus membayar Rp. 194.000,- setelah selesai saya periksa ternyata yang tertera 194.000,- untuk yang 25.000 itu uang apa ya ?

    Sebagai catatan saya tidak menungak, karena dibayar sebelum jatush tempo.

    BalasHapus
  85. malm pak..maaf mau nanya..pajak motor saya tanggal 25 juni,apakah bisa dibayar tanggal 16 mei?trimakasih sebelumnya..

    BalasHapus
  86. @juan:Kalau uang silumannya ada di Tangsel, silahkan dilacak di Provost di wilayah sana pak.. Kebetulan saya tidak mampu melacak sampai sana.. Saya hanya penulis blog yang menyampaikan prosedur yang benar.. Kalau ada penyimpangan, langsung kroscek disana saja pak. Kalau tidak digubris, silahkan pakai media cetak lokal agar uang yang dicurigai siluman ini dapat dijelaskan oleh Samsat disana.

    @aufa jaya: bisa

    BalasHapus
  87. Terimakasih Infonya pak
    sangat bermanfaat..
    Perkenalkan saya mahasiswa Fakultas Ekonomi di UII Yogyakarta
    :)
    twitter : @profiluii :)

    BalasHapus

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

KOMENTAR, PERTANYAAN, SARAN, KRITIK

Apresiasi terhadap blog ini, kesan dan pesan kepada penulis silakan tulis di "BUKU TAMU"

Pertanyaan, Komentar, Kritik, silakan tulis di www.facebook.com/penulisblogpelayanmasyarakat

Facebooker yang menyukai blog ini

Terima kasih untuk jempol(like)-nya yah rekan-rekan.. Senang bisa berbagi..

Kecelakaan Diawali Pelanggaran

Loading...